Salah satu kompetensi dasar dalam mata pelajaran matematika SMA untuk kelas XI terkait aspek satistika adalah membelajarkan siswa tentang menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya. Statistika SMA lebih menekankan pada objek data berkelompok walaupun masih ada pembahasan tentang data tunggal. Untuk kali ini penulis, akan mengulas ukuran penyebaran atau ukuran dispersi khusunya range/jangkauan/rentang dari data yang terdistribusi dalam kelompok. Mengapa dibahas, karena penulis membaca beberapa pendapat dari beberapa buku dalam menentukan range tersebut.
Kita awali terlebih dahulu pemahaman tentang ukuran penyebaran(dispersi). Penyebaran adalah perserakan nilai-nilai obervasi (Xi) dari data terhadap rata-rata. Rata-rata suatu data yang terdiri dari nilai-nilai observasi (Xi), tidak dapat diinterpretasikan secara terpisah dari hasil penyebaran nilai-nilai tersebut terhadap rata-ratanya. Jika terdapat keseragaman dalam nilai-nilai observasi (Xi), maka ukuran penyebaran nilai-nilai tersebut akan sama dengan nol dan rata-ratanya akan sama dengan Xi. Makin besar variasi nilai-nilai Xi, makin kurang representatif rata-rata distribusinya. Jadi penentuan apakah rata-rata cukup representatif berhubungan erat dengan hasil pengukuran tingkat penyebaran dari Xi. Salah satu kegunaan ukuran penyebaran adalah untuk menentukan apakah nilai rata-rata dapat mewakili data selain itu dapat dipergunakan untuk mengadakan perbandingan variabilitas data. Ukuran penyebaran yang sederhana adalah range atau jangkauan atau rentang. Ada kebaikan dan kelemahan dari range. Kebaikan dari range diantaranya range mudah dan cepat dihitung serta mudah dimengerti, sedangkan kelemahan range diantaranya perhitungan range tidak didasarkan pada seluruh nilai data tetapi hanya pada 2 nilai data saja, range sangat dipengaruhi oleh nilai ekstrim, range sangat dipengaruhi oleh fluktuasi sampel, hanya dengan mengetahui nilai range saja kita tidak dapat dapat mengetahui distribusinya.
Range dari data tunggal dirumuskan dengan Range = Xmaks – Xmin dengan Xmaks = nilai data terbesar sedangkan Xmin = nilai data terkecil. Untuk menentukan range dari data tunggal lebih mudah dan sederhana.Sebelum sampai pada beberapa pendapat tentang rumus menentukan range dari data yang dikelompokkan perlu kita tahu beberapa istilah terkait dengan menentukan range. Perhatikan data berikut yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi kelompok.
Berikut ini adalah nilai ulangan matematika 30 siswa kelas XI yang disajikan dalam tabel
TABEL HASIL NILAI ULANGAN MATEMATIKA 30 SISWA KELAS XI
Nilai Ulangan Matematika | Banyak siswa (Frekuensi) |
41 – 50 | 3 |
51 – 60 | 7 |
61 – 70 | 10 |
71 – 80 | 5 |
81 – 90 | 4 |
91 – 100 | 1 |
Nilai Ulangan Matematika | Banyak siswa (Frekuensi) | Nilai Tengah | Tepi bawah kelas | Tepi atas kelas | Batas bawah | Batas atas |
41 – 50 | 3 | 45,5 | 40,5 | 50,5 | 41 | 50 |
51 – 60 | 7 | 55,5 | 50,5 | 60,5 | 51 | 60 |
61 – 70 | 10 | 65,5 | 60,5 | 70,5 | 61 | 70 |
71 – 80 | 5 | 75,5 | 70,5 | 80,5 | 71 | 80 |
81 – 90 | 4 | 85,5 | 80,5 | 90,5 | 81 | 90 |
91 – 100 | 1 | 95,5 | 90,5 | 100,5 | 91 | 100 |
Rumus yang digunakan untuk menentukan range dari data yang disajikan dalam distribusi frekuensi kelompok.
- Menurut pendapat yang pertama (Anto dayan, 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid I, 169-172 dan Nugroho Soedyarto dan Maryanto.2008. Matematika Jilid 2 untuk SMA dan MA kelas XI Program IPA, 40). Menentukan range dirumuskan dengan
= 95,5 – 45,5 = 50.
- Menurut pendapat kedua (Husein Tampomas, 2007. Seribu Pena Matematika. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI, 27). Menentukan range dirumuskan dengan
= Tepi atas kelas terakhir – Tepi bawah kelas pertama
= 100,5 – 40,5 = 60
- Menurut pendapat ke tiga (Nugroho Budiyuwono, 1990. Pelajaran Statistik untuk SMEA dan sederajat Edisi I, 131 – 136). Menentukan range dirumuskan dengan
- Range = batas kelas tertinggi – batas kelas terendah
Range = batas atas kelas tertinggi – batas atas kelas terendah
= 100 – 50 = 50
Range = batas bawah kelas tertinggi – batas bawah kelas terendah
= 91 – 41 = 50
- Range = Nilai tengah kelas tertinggi – nilai tengah kelas terendah
Dari pendapat di atas, terlihat bahwa jika menggunakan pendapat yang pertama dan ketiga diperoleh hasil yang sama, tetapi jika digunakan pendapat yang kedua diperoleh hasil yang berbeda. Dalam menentukan rumus menentukan range dari data yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi kelompok maka perlu bapak/ibu guru menyikapi rumus yang akan diberikan kepada siswa, agar tidak membingungkan siswa. Biasanya masalah timbul ketika pada suatu ujian nasional yang soalnya dalam bentuk pilihan ganda. Jadi terdapat dua atau tiga macam jawaban yang dihasilkan dari rumus-rumus tersebut. Sehingga siswa harus menentukan jawaban mana yang harus dipilih. Selanjutnya, harus diamati pola jawaban pilihan pada ujian nasional untuk kecenderungan jawaban jika soal tentang menentukan range dari data yang disajikan dalam distribusi frekuensi kelompok ini diujikan, apakah menggunakan rumus pendapat pertama/ketiga atau pendapat kedua. Keputusan tetap di tangan Anda. Oleh karena itu saran untuk Anda, boleh saja Anda mengajarkan semua rumus di atas tetapi Anda lebih menekankan kepada siswa untuk memilih rumus tertentu pada saat ujian nasional dengan beberapa alasan yang sudah diberikan di atas.
Anto dayan, 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid I. Jakarta: LP3ES
Husein Tampomas, 2007. Seribu Pena Matematika. Matematika untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Nugroho Budiyuwono, 1990. Pelajaran Statistik untuk SMEA dan sederajat Edisi I. Yogyakarta: BPFE
Nugroho Soedyarto dan Maryanto.2008. Matematika Jilid 2 untuk SMA dan MA kelas XI Program IPA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas
Puji Iryanti. 2006. Pembelajaran Statistika di SMA. Bahan Fasilitasi MGMP Matematika SMA. Yogyakarta : PPPG Matematik.
Oleh: Theresia Widyantini
Sumber: http://p4tkmatematika.org/2012/08/ulasan-menentukan-range-dalam-materi-statistika-disma-kelas-xi/
Post a Comment
Tinggalkan Pesan Anda disini